October 28, 2008

Memiliki visi dalam memimpin

“Good leaders make people feel that they're at the very heart of things, not at the periphery. Everyone feels that he or she makes a difference to the success of the organization. When that happens people feel centered and that gives their work meaning.”
Warren Bennis

Ada pendapat bahwa tidak semua orang yang memegang jabatan bisa dianggap sebagai pemimpin. Mungkin mereka hanya disebut sebagai manajer, pengelola atau pengatur. Kepemimpinan tidak selalu dimiliki oleh semua orang meskipun pernyataan lain sering kita berbunyi: "Kalian masing-masing adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung-jawabannya." Mengapa persoalan sampai demikian bertentangan?

Syarat minimal pemimpin yang baik seperti yang dikatakan oleh Warren Bennis menjelaskan sebuah pandangan bahwa pemimpin harus mampu mengajak orang-orang di sekitarnya kepada persolan yang memang penting dalam meraih sukses organisasi. Pemimpin harus memiliki ciri khusus yang berbeda dari yang lain. Ciri khas seorang pemimpin biasa dinamakan visi. Dengan visi seorang pemimpin, maka organisasi yang dibentuk, sekecil apapun organisasinya, akan memiliki arti.

Kalau terjadi kondisi sebaliknya, bukan hanya pemimpin itu sendiri yang gagal. Semua orang yang terlibat di dalam organisasi akan merasakan kegagalan yang sama. Jalan mereka tidak ada arah dan tujuan. Benar kalau dikatakan, apabila sebuah urusan tidak dipegang oleh ahlinya maka tunggulah saatnya!



0 comments: